Rumah Adat Yogyakarta Adalah

Rumah Adat Yogyakarta Adalah

Joglo dan unsur pembangunnya sangat menarik untuk mengkaji rumah adat jawa tengah ini sebab kita secara langsung akan bersinggungan dengan nilai nilai luhur. Selain dikenal sebagai tempat tinggal raja bangsal kencono jika dilihat sekilas mirip desain rumah joglo namun ukurannya lebih luas besar dan lebar.

Rumah Adat Bangsal Kencono Daerah Istimewa Yogyakarta

Sedikit memiliki pengaruh arsitektur belanda portugis dan cina secara umum desain dan arsitektur bangsal kencono sangat dominan dengan adat jawa jika diperhatikan dari.

Rumah adat yogyakarta adalah. Rumah adat yogyakarta secara umum arsitektur bangungan utama pada rumah bangsal kencono memiliki banyak kesamaan dengan desain rumah adat jawa tengah. Disamping itu biasanya dalam acara tertentu juga memakai pakaian tradisional yogyakarta tertentu. 6 pakaian adat yogyakarta tradisikita yogyakarta memiliki beragam adat istiadat yang unik dan berbeda dari daerah lainnya di indonesiasalah satu keunikan yang dimiliki oleh provinsi yogyakarta adalah pakaian tradisional atau baju adat nya.

Baju adat yogyakarta ini memiliki berbagai jenis yang sesuai dengan kegunaan dan ciri khasnya tersendiri. Ciri khas rumah gadang adalah mempunyai keunikan dalam bentuk arsitekturnya dengan atap yang menyerupai tanduk kerbau yang terbuat dari bahan ijuk. Lebih dari itu ia adalah simbol.

Jika dikelompokkan kurang lebih ada 6 pakaian adat yogyakarta yang dipakai oleh berbagai kalangan. Baca selengkapnya pengertian rumah adat. Rumah adat daerah istimewa yogyakarta bernama rumah bangsal kencono kraton.

Salah satu ciri budaya yang dimiliki oleh bangsa indonesia adalah rumah adat dengan nama khas di setiap daerahnya. Material atapnya sendiri terbuat dari bahan sirap atau genting tanah. Rumah adat gadang merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi sumatera barat.

Rumah adat yogyakarta rumah joglo rumah joglo adalah rumah tradisional jawa yang paling sempurna. Rumah adat jawa timur indonesia merupakan negara dengan beragam budaya yang ada. Beberapa jenis rumah adat yang terdapat di yogyakarta antara lain sebagai berikut.

Bangunan ini mempunyai bentuk yang besar dan membutuhkan kayu yang lebih banyak dalam pembuatannya. Rumah adat adalah bangunan yang memiliki cirikhas khusus digunakan untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertenturumah adat merupakan salah satu representasi kebudayaan yang paling tinggi dalam sebuah komunitas sukumasyarakat. Atap rumah ini memiliki bubungan tinggi yang menopang pada 4 tiang di bagian tengah yang bernama soko guru.

Keunikan baju adat yogyakarta selain dari bentuk bajunya juga atas penggunaannya. Surjan bermotif bunga kembang batu atau poloskeris yang dipakai bercorak branggah atau ladrangan dengan oncen oncen rangkaian bunga usus ususan dari bunga melati. Simak saja kerangka rumahnya yang berupa soko guru.

Jadi joglo bukan sekedar hunian. Rumah adat jawa timur dikenal dengan nama joglo. Kekayaan budaya yang dimiliki menjadikan nilai yang sangat luhur dan mencirikan identitas bangsa itu sendiri.

Pakaian adat yogyakarta yang dikenakan pengantin pria berupa surjan baju jas laki laki khas jawa yang berkerah tegak dan berlengan panjang yang terbuat dari kain sutra dilengkapi dengan karset rantai jam dan bros. Nama lain dari rumah adat gadang adalah rumah bagonjong rumah baanjuang dan rumah godang.

Rumah Adat Yogyakarta

2 Rumah Adat Yogyakarta Joglo Dan Bagsal Kencono Penjelasan Lengkap

40 Gambar Rumah Adat Di Indonesia Yang Beragam

Rumah Adat Yogyakarta

Sketsa Rumah Adat Yogyakarta Tiba Tiba Ada Keraton Raja Sultan


0 Response to "Rumah Adat Yogyakarta Adalah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel