Rumah Adat Sunda Kuningan

Rumah Adat Sunda Kuningan

Masyarakat sunda tidak hanya terkenal akan rumahnya yang unik serta logat bahasa daerahnya namun juga pada pakaian adat yang digunakannya. Biasanya oleh seorang paraji untuk dikuburkan di halaman rumah atau dekat rumah.

Dafar Harga Rias Pengntin Di Kab Kuningan Jabar 2020 Promo Akhir

Secara umum pakaian adat sunda terbagi atas 5 kasta yaitu untuk rakyat jelata kaum.

Rumah adat sunda kuningan. Suku sunda merupakan salah satu suku yang terdapat di provinsi jawa barat. Dilihat dari berbagai jenis desain dan fungsi rumahnya maka tetap saja yang menjadi ciri khas rumah adat sunda yaitu rumah yang berbentuk rumah panggung. Ditilik dari segi filosofis rumah tradisional milik masyarakat jawa barat ini memiliki pemahaman yang sangat mengagumkan.

V mewujudkan masyarakat kota kuningan lebih sejahtera melalui pariwisata berbasiskan sumberdaya alam. Rumah adat sunda rumah adat sunda merupakan rumah yang didiami oleh suku sunda. Secara umum nama suhunan rumah adat orang sunda ditujukan untuk menghormati alam sekelilingnya.

Namun sedikitnya kami telah menemukan 5 desain rumah adat sunda ini berdasarkan desain atapnya yaitu yang bernama jolopong badak heuay tagong anjing jubleg nangkub dan perahu kemureb. Rumah ini memiliki gaya seperti rumah adat indonesia lainnya yaitu berbentuk rumah panggung. This video is unavailable.

Supaya lebih jelas langsung saja ini dia rumah adat jawa barat. Pakaian adat sunda budaya sunda termasuk dalam salah satu kebudayaan tertua di indonesia. Hampir di setiap bangunan rumah adat sunda sangat jarang ditemukan paku besi maupun alat bangunan modern lainnya.

Rumah adat suku sunda ini memang bermacam macam nih bro siapa tahu ada yang bisa dijadikan inspirasi untuk rumah lo sendiri nih. Bentuk bentuk arsitektur rumah adat sunda di kabupaten kuningan jawa baratpada umumnya rumah adat sunda disebut dengan rumah panggung dinamai demikian karena posisi rumah melayang di atas permukaan tanah yang diberi tumpuan terbuat dari batu kali dan ditopang oleh beberapa pondasi tumpuan tersebut disebut wadasan titinggi umpak tatapakan. Mereka mendiami rumah tradisional yang berada di daerah tatar sunda atau tanah pasundan.

Di era modern saat ini cukup sulit menemukan rumah adat sunda yang masih sangat kental dengan bambu sebagai material utama pondasinya. Banyak sekali bentuk dan ragam budaya sunda yang sangat khas. Berpetualang di jawa berat memang mengasyikan bro.

Dan beberapa diantaranya merupakan warisan leluhur yang tak ternilai harganya. Provinsi ini seolah tidak ada habisnya memberi tantangan tantangan baru untuk ditaklukan. Tari buyung yang merupakan tarian adat sunda yang mencerminkan masyrakat sunda dalam mengambil air.

Namun jika kita lihat dari desain atapnya maka ada 6 jenis desain rumah adat jawa barat. Rumah adat jawa barat sendiri memiliki banyak nama dan rupa tergantung bagaimana desain dari rumah yang digunakan.

Perjalanan Warga Adat Sunda Wiwitan Pertahankan Cagar Budaya

Masyarakat Sunda Wiwitan Tolak Eksekusi Lahan Adat Bbc News

Kadugede Kuningan Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Paseban Tri Panca Tunggal Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi

Eksistensi Penghayat Akur Sunda Wiwitan 1 Bentuk Refleksi


0 Response to "Rumah Adat Sunda Kuningan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel