Rumah Joglo Adalah Rumah Adat Yang Berasal Dari Suku

Rumah Joglo Adalah Rumah Adat Yang Berasal Dari Suku

Tidak hanya kaya akan sumber daya alamnya kekayaan budaya indonesia memang sudah tidak diragukan lagi dan sudah di akui duniasalah satu bentuk kekayaan budaya indonesia adalah rumah adat. Rumah adat jawa yang paling terkenal dan menjadi ikon kota ini adalah rumah joglo namun sebenarnya ada beberapa desain rumah adat jawa tengah yang lainnya yang di kenal dalam budaya masyarakat suku jawa yakni rumah panggang pe rumah kampung rumah limasan dan rumah tajud selain itu juga terdapat beberapa rumah joglo yang di sesuaikan.

35 Rumah Adat Indonesia Daerah Asal Penjelasan Beserta Gambarnya

Ketiga provinsi ini memiliki budaya yang hampir sama juga bangunan rumah adat yang hampir mirip satu sama lainnya.

Rumah joglo adalah rumah adat yang berasal dari suku. Demikianlah penjelasan dan macam macam rumah adat yang ada di pulau jawa. Begitu juga dengan rumah tradisonal daerah di indonesia di setiap provinsi memiliki begitu banyak macam rumah adat. Joglo adalah rumah adat yang berasal dari jawa tengah dengan ciri atap berbentuk piramida yang mengacu pada bentuk gunung.

Pada dasarnya rumah kebaya adalah rumah adat dari suku betawi. Rumah adat di indonesia begitu luas tentunya memliki banyak kekayaan alam keberaneka ragam agama suku budaya dan adat istiadat. Bahan yang digunakan dalam pembuatan rumah joglo sepenuhnya berasal dari material dari alam.

Salah satu yang laing dikenal adalah desain rumah adat bernama joglodesain ini lebih dikenal karena selain lebih banyak digunakan juga dianggap memiliki gaya arsitektur yang unik serta sarat dengan nilai filosofis kemasyarakatan. Rumah adat joglo memiliki kerangka bangunan utama yang terdiri dari soko guru yang berupa empat tiang utama penyangga struktur bangunan serta tumpang sari yang berupa susunan balok yang disangga soko guru. Penjelasan rumah adat joglo yang berasal dari provinsi jawa tengah.

Rumah adat joglo merupakan rumah adat yang berasal dari suku jawa yang kebanyakan bermukim di jawa tengah dan jawa timur dan daerah istimewa yogyakarta. Setiap daerah memiliki rumah adatnya masing masing. Rumah adat jawa sebagai warga negara indonesia kita memang sudah sepatutnya bersyukur akan kekayaan yang kita miliki.

Rumah adat jawa tengah masyarakat suku jawa mengenal beragam desain hunian dalam budayanya. Rumah adat joglo merupakan rumah adat yang berasal dari suku jawa yang kebanyakan bermukim di jawa tengah dan jawa timur dan daerah istimewa yogyakarta. Ketiga provinsi ini memiliki budaya yang hampir sama juga bangunan rumah adat yang hampir mirip satu sama lainnya.

Secara umum ada empat bagian dari rumah joglo yaitu pendopo atau ruang tamu pringgitan atau ruang samping ruang dalem atau ruang utama dan sentong sebagai ruang penyimpanan. Rumah adat suku jawa yang kedua ialah rumah kebaya yang merupakan rumah adat dari ibukota yaitu jakarta. Dan kayu tersebut akan digunakan sebagai tiang rangka pintu jendela dan lain lain.

Kalu lo sering menonton film mengenai kebudayaan betawi pasti udah enggak bakalan bingung lagi bentuk rumah ini seperti apa bro. Hal ini mencerminkan bahwasanya para nenek moyang bangsa indonesia merupakan orang yang cerdas. Tetapi bahan yang mendominasi pembuatan rumah joglo adalah kayu yang memiliki tekstur yang keras.

Rumah induk terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut.

Rumah Adat Jawa Timur Lengkap Gambar Penjelasan Romadecade

Rumah Adat Jawa Tengah Beserta Gambar Dan Penjelasannya

35 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Penjelasan Romadecade

35 Rumah Adat Indonesia Lengkap Gambar Penjelasan Romadecade

35 Rumah Adat Indonesia Beserta Asal Penjelasan Gambar Lengkap


0 Response to "Rumah Joglo Adalah Rumah Adat Yang Berasal Dari Suku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel