Rumah Adat Tradisional Gorontalo

Rumah Adat Tradisional Gorontalo

Provinsi gorontalo sendiri berada dekat dengan provinsi sulawesi utara. Rumah adat gorontalo gorontalo merupakan salah satu provinsi termuda di indonesia.

Senjata Tradisional Gorontalo Gps Wisata Indonesia

Salah satu artefak peninggalan leluhur di gorontalo adalah senjata tradisional gorontalo yang digunakan pada zaman dahulu untuk berperang atau sebagai alat bantu dalam usaha memenuhi kebutuhan hidup.

Rumah adat tradisional gorontalo. Belajar mengenal 34 nama rumah adat pakaian adat tarian adat dan senjata tradisional di provinsi indonesia lengkap indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman yang dimilikinya dari mulai sumber daya suku adat dan masih banyak lainnya kebudayaan kebudayaan yang belum banyak kita ketahui. Rumah adat dan asalnya rumah adat di indonesia merupakan peninggalan yang harus kita jaga. Untuk mukuta akan dipakai oleh mempelai pria sedangkan biliu akan dikenakan oleh mempelai wanita.

Mukuta dan biliu menjadi sepasang pakaian tradisional gorontalo yang sangat umum digunakan ketika upacara perkawinan. Beberapa bukti peninggalan kebudayaan masyarakat gorontalo bisa dilihat dari rumah dan juga pakaian adat suku gorontalo. Dulu daerah gorontalo adalah bagian dari provinsi sulawesi utara.

Suku gorontalo yang mendiami hampir seluruh provinsi gorontalo bahkan hingga ke provinsi tetangganya yakni sulawesi utara justru telah dikenal memiliki kebudayaan yang maju semenjak dahulu. Berikut 18 senjata tadisional gorontalo koleksi rumah adat banthayo po boide berdasarkan jenisnya. Kali ini kita akan mengupas tentang nama pakaian adat pada setiap daerah di indonesia.

Provinsi ini adalah provinsi ke 32 indonesia yang baru diresmikan pada tahun 22 desember 2000 setelah memisahkan diri dari provinsi induknya yakni sulawesi utara. Dan dibuat dengan bentuk rumah panggung. Oleh karena itu sebagai generasi muda kita harus melestarikan dan merawat rumah rumah adat yang ada di indonesia.

Rumah adat dulopuha berbentuk rumah panggung yang sebagian besar terbuat dari papan dengan ornamen khas gorontalo. Rumah adat dulopuha terdapat di kelurahan limba kecamatan kota selatan kota gorontalorumah adat ini sering juga disebut yiladia dulohupa lo ulipu hulondhalo oleh penduduk gorontalo. Rumah ini digunakan untuk mengadakan musyawarah.

Rumah adat gorontalo bantayo poboide salah satu rumah adat bantayo poboide terdapat di depan kantor bupati gorontalo di limbotobantayo poboide mengandung pengertian rumah musyawarah adat. Salah satu bukti peninggalan kebudayaan dari masyarakat gorontalo misalnya adalah pakaian adat gorontalo yang bernama mukuta dan. Karena di beberapa daerah sangat di sayangkan rumah adat tradisional ini tidak terawat dengan baik.

Berbagai upacara adat penerimaan tamu kenegaraan pesta perkawinan adat sampai kegiatan sosial dan keagamaan kerap dilangsungkan di tempat itu. Pakaian adat tradisional gorontalo dalam acara pernikahan pakaian adat tradisional daerah khas gorontalo disebut biliu pakaian pengantin putri dan mukuta pakaian pengantin putra. Rumah tradisional gorontola adalah dulohupa.

Rumah adat gorontalo adalah bangunan rumah tradisional yang berada di provinsi gorontalo.

Rumah Adat Banthayo Poboide Dinas Pariwisata Kebudayaan

Mengenal Rumah Adat Dulohupa Di Gorontalo Sulawesi Utara Bpsmp

8 Nama Tarian Daerah Gorontalo Dan Penjelasannya

Arsitektur Benteng Dan Rumah Adat Sulawesi Pages 1 50 Text

Pernikahan Adat Gorontalo


0 Response to "Rumah Adat Tradisional Gorontalo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel