Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari

Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari

Tanah toraja masih memegang teguh kebudayaan yang diwariskan oleh leluhur mereka. Rumah adat tongkonan tidak bisa dimiliki secara pribadiperorangan karena rumah ini adalah warisan nenek moyang dari setiap anggota keluarga.

6 Rumah Adat Indonesia Yang Hampir Punah Nan Kaya Kearifan Lokal

Jenis tongkonan ini diwariskan dari keluarga yang satu hingga generasi pelanjut berikutnya.

Rumah adat tongkonan berasal dari. Rumah adat tongkonan merupakan salah satu rumah adat yang paling unik desain arsitekturnya. Latar belakang pembuatan desain rumah ini berkaitan erat dengan falsafah dan kebudayaan masyarakat toraja dimana desain dan arah juga tidak sembarangan. Rumah adat dari toraja sulawesi selatan ini terbuat tanpa ada unsur logam satu pun di setiap bagiannya.

Rumah tongkonan merupakan rumah adat toraja yang masih dipegang teguh oleh masyarakat tana toraja sampai saat ini. Rumah adat gadang merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi sumatera barat. Di depan tongkonan terdapat lumbung padi yang disebut alang.

Ada kepercayaan kebanggaan tradisi kuno dan peradaban dari setiap detail rumah tongkonan yang dibangun masyarakat toraja. Kolong di bagian bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang berarti duduk.

Tongkonan dibagi berdasarkan tingkatan atau peran dalam masyarakat strata sosial masyarakat toraja. Barung barung yakni tongkonan yang didiami oleh keluarga bangsawan atau semacam rumah pribadi. Rumah adat toraja ini memang dahulu dihuni oleh bangsawan saja.

Ciri khas rumah gadang adalah mempunyai keunikan dalam bentuk arsitekturnya dengan atap yang menyerupai tanduk kerbau yang terbuat dari bahan ijuk. Bentuk atap rumah tongkonan melengkung dan dilapisi ijuk hitam. Tongkonan merupakan rumah adat yang berbentuk rumah panggung dari kayu.

Rumah adat tongkonan berasal dari provinsi sulawesi selatan tepatnya dari daerah toraja. Rumah tongkonan sendiri difungsikan sebagai pusat pemerintahan to ma parenta kekuasaan dan strata sosial pada elemen masyarakat toraja. Penjelasan singkat rumah adat tongkonan asal daerah toraja sulawesi selatan.

Mulai dari atap hingga dasar rumah adat toraja rumah tongkonan ini tidak luput dari makna yang menandakan bahwa masyarakat. Nama lain dari rumah adat gadang adalah rumah bagonjong rumah baanjuang dan rumah godang. Rumah adat tongkonan berasal dari mana ya.

Rumah adat sulawesi selatan provinsi sulawesi selatan dihuni oleh masyarakat yang berasal dari suku yang beragam. Jadi di rumah ini tak ada aktifitas adat. Disebut seperti itu karena pada awalnya rumah adat ini dijadikan sebagai tempat berkumpul para bangsawan tana toraja untuk berdiskusi.

Berasal dari kata tongkon artinya duduk bersama sama. Ada banyak suku yang menghuni provinsi yang beribukota di makassar ini di antaranya suku bugis suku mandar suku toraja suku makassar dan lain sebagainya. Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja.

Tongkonan sendiri berasal dari kata tongkon yang berarti menduduki atau tempat duduk.

Fakta Dan Keunikan Rumah Adat Tongkonan Warisan Para Raja

Rumah Adat Sulawesi Selatan Ciri Ciri Jenis Gambar Dan Penjelasan

Rumah Adat Sulawesi Selatan

Ditjen Imigrasi Sahabat Mido Ada Yang Tahu Apa Itu Facebook

9 Rumah Adat Sulawesi Gambar Nama Penjelasannya Lengkap


0 Response to "Rumah Adat Tongkonan Berasal Dari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel