Rumah Adat Ulos

Rumah Adat Ulos

Provinsi yang beribukota di kota medan ini dihuni oleh suku batak selaku suku mayoritas sekaligus suku aslinya. Rumah adat pakpak disebut jerro.

Galeri Ulos Sianipar Rumah Oleh Oleh Khas Sumatera Utara Media

Rumah adat batak toba atau biasa disebut rumah bolon telah didaulat menjadi perwakilan rumah adat sumatera utara di kancah nasional.

Rumah adat ulos. Kain ulos merupakan kain yang ditenun secara manual dari bahan benang sutra berwarna hitam merah dan putih dengan dihiasi motif berupa benang emas atau perak. Rumah berbentuk persegi panjang dan masuk dalam kategori rumah panggung ini umumnya dihuni oleh 4 6 keluarga yang hidup secara bersama sama. Rumah adat batak adalah salah satu bukti kekayaan budaya dan peninggalan sejarah di indonesia tepatnya di provinsi sumatera utara.

Belajar mengenal 34 nama rumah adat pakaian adat tarian adat dan senjata tradisional di provinsi indonesia lengkap indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman yang dimilikinya dari mulai sumber daya suku adat dan masih banyak lainnya kebudayaan kebudayaan yang belum banyak kita ketahui. Rumah adat batak ribuan jumlah suku bangsa di indonesia membuat negeri ini memiliki kekayaan adat dan budaya yang sangat melimpah. Ulos rangidup bisa ditemukan di setiap rumah tangga suku batak di daerah daerah yang masih kental adat bataknya.

Ulos ini diberikan kepada sepasang pengantin yang sedang melaksanakan pesta adat yang disebut dengan nama ulos hela. Rumah adat sumatera utara sumatera utara adalah provinsi dengan populasi penduduk terbanyak ke 4 di indonesia. Ulos ini terdiri atas tiga bagian.

Rumah adat batak adalah rumah bolon yang biasanya terdiri dari dua bagian yaitu rumah dan sopo lumbung padi. Hal semacam ini memang kerap menjadi perhatian para pengunjung untuk datang berkunjung. Bentuk desain rumah adat ini selain sebagai wujud seni budaya pakpak juga bagian bagian rumah adat pakpak mempunyai arti sendiri.

Ulos jenis ini adalah yang tertinggi kelasnya dan sangat sulit pembuatannya. Dua sisi yang ditenun sekaligus dan satu bagian tengah yang ditenun tersendiri dengan sangat rumit. Pemberian ulos hela memiliki makna bahwa orang tua pengantin perempuan telah menyetujui putrinya dipersunting atau diperistri oleh laki laki yang telah disebut sebagai hela menantu.

Rumah adat ini sama halnya dengan rumah adat lainnya di sumatera utara. Pelataran tersebutlah yang memiliki fungsi. Kali ini kita akan mengupas tentang nama pakaian adat pada setiap daerah di indonesia.

Rumah adat batak daya tarik lain dari samosir bukan hanya suku bataknya saja tetapi juga rumah adat batak. Terlebih lagi bagi mereka yang belum pernah melihatnya dan punya antusias yang tinggi terhadap peninggalan sejarah kebudayaan di suatu daerah. Lumbung padi itulah yang ada di depan rumah dan dibatasi dengan pelataran luar.

Suku batak sendiri merupakan salah satu suku bangsa terbesar di indonesia setelah suku jawa. Popularitas indonesia si mata dunia adalah sebagai adalah satu negara yang memiliki ragam budaya yang tidak dimiliki oleh negara lain. Berikut adalah gambar dari seseorang yang mengenakan kain ulos.

Rumah adat pakpak mempunyai bentuk yang khas dan dibuat dari bahan kayu serta atapnya dari bahan ijuk. Secara umum kain ulos inilah yang menjadi identitas dan ciri utama pakaian adat sumatera utara di kancah nasional.

Rumah Adat Batak Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Ketahui

Ulos Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

34 Nama Rumah Adat Dan Gambar

Jenis Jenis Ulos Batak Huta Simatupang

Red And Black Tribal Print Scarf With Fringe Toba Batak People


0 Response to "Rumah Adat Ulos"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel