Rumah Adat Sumatera Utara Rumah Bolon

Rumah Adat Sumatera Utara Rumah Bolon

Adanya beberapa sub suku batak menyebabkan arsitektur dari rumah adat ini juga terbagi ke dalam berbagai macam versi seperti rumah bolon toba rumah bolon simalungun rumah bolon pakpak rumah bolon karo rumah bolon mandailing dan juga rumah bolon angkola. Struktur bangunan rumah bolon rumah adat bolon merupakan sebutan rumah rumah adat masyarakat suku batak di provinsi sumatera utara.

Rumah Bolon Rumah Adat Batak Sumatera Utara Desain Gambar

Rumah adat di suamatera utara cukup banyak tergantung dari suku mana.

Rumah adat sumatera utara rumah bolon. Enam jenis rumah bolon. Rumah bolon adalah rumah adat dari suku batak yang ada di indonesia. Rumah ini menjadi simbol keberadaan masyarakat batak yang hidup di daerah tersebut.

Gambar rumah adat bolon via sportourismid. Perbedaan rumah adat batak toba karo simalungun dan nias yang terdapat di sumatra utara terletak pada bentuk arsitektur dan ragam hiasnya. Rumah adat suku batak di daerah sumatera utara namanya rumah bolon atau sering disebut dengan rumah gorga.

Rumah adat sumatera utara 1. 13 raja tersebut adalah raja ranjinman raja nagaraja raja batiran raja bakkaraja raja. Suku batak di sumatera utara terdiri dari beberapa jenis yaitu batak toba simalungun karo mandailing pakpak dan angkola.

Rumah bolon merupakan rumah panggung yang hampir seluruh bagiannya dibuat menggunakan bahan bangunan yang diperoleh dari alam. Rumah adat bolon ini biasanya disebut rumah balai batak toba dan telah diakui oleh nasional sebagai perwakilan rumah adat sumatera utara. Salah satu budaya yang masih dijaga sampai saat ini adalah rumah adat sumatera utara yang masih mudah.

Rumah adat sumatera utara indonesia mempunyai kekayaan budaya yang sangat beraneka ragam. Rumah berbentuk persegi panjang dan masuk dalam kategori rumah panggung ini umumnya dihuni oleh 4 6 keluarga yang hidup secara bersama sama. Dilihat dari bentuknya rumah adat ini berbentuk persegi panjang termasuk kategori rumah panggung.

Rumah bolon adalah simbol dari identitas masyarakat batak yang tinggal di sumatra utara. Kendati terdapat beragam versi arsitektur rumah bolon secara umum memiliki beberapa karakteristik yang membedakan rumah adat sumatera utara ini dengan rumah adat dari provinsi provinsi lain di indonesia. Dan hampir keseluruhannya bangunannya terbuat dari bahan alam.

Sama seperti rumah lainnya rumah ini juga terbuat dari bahan yang ada di alam sekitar. Salah satu provinsi yang memiliki budaya yang beraneka ragam adalah sumatra utara. Oleh sebab itu jenis rumah bolon yang ada juga.

Pada zaman dahulu kala rumah bolon adalah tempat tinggal dari 13 raja yang tinggal di sumatra utara. Rumah adat bolon batak toba rumah adat batak toba atau biasa disebut rumah bolon telah didaulat menjadi perwakilan rumah adat sumatera utara di kancah nasional. Rumah bolon berasal dari daerah sumatra utara.

Rumah bolon adalah salah satu budaya yang dimiliki oleh suku batak di sumatera utara. Kekayaan budayanya berupa rumah adat pakaian tarian senjata suku lagu daerah maupun bahasa daerah. Rumah adat bolon yang ada di provinsi sumatera utara ini biasanya disebut rumah balai batak toba dan telah diakui oleh nasional sebagai perwakilan rumah adat sumatera utara.

Rumah adat ini berbentuk persegi panjang serta termasuk kategori rumah panggung. Rumah adat sumatera yang ketiga adalah rumah adat sumatera utara atau rumah bolon.

Informasi Belajar Anak Interaktif Rumah Adat Provinsi Sumatera

Doc Tugas Ips Elinda Rachma Academia Edu

Rumah Bolon Rumah Adat Sumatera Utara North Sumatra Traditional

Rumah Adat Sumatera Utara Blog Sr28jambi

Mengenal Rumah Bolon Istana Raja Purba Di Simalungun 1 Padasuka


0 Response to "Rumah Adat Sumatera Utara Rumah Bolon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel